Senin, 01 Desember 2014

Tips Kesehatan Dengan Manfaat Madu

Tips Kesehatan Dengan Manfaat Madu

Rahasia dan Tips Kesehatan Dengan Manfaat Madu. Madu bukanlah sesuatu hal yang baru, bila kita bicara masalah produk perlebahan. Bukan sekedar menarik berwarna kuning kecoklatan yang manis rasanya, melainkan memiliki nilai gizi yang tinggi, lengkap dan seimbang. Kandungan gizinya sangat bervariasi tergantung pada asal/ sumber nektarnya. Bagaimanapun juga madu merupakan cairan alami dengan nilai gizi yang tinggi asal saja pengolahannya tepat dan baik.



Manfaat madu bagi kesehatan manusia bukan hanya telah terbukti puluhan atau ratusan tahun, namun telah terbukti bahkan ribuan tahun yang dibuktikan dengan disebutkannya manfaat madu dalam seluruh kitab suci yaitu:

AL-QUR’AN (Q.S. An-Nahl ayat 68-69)
Ayat 68
Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah “Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan ditempat yang dibuat manusia”
Ayat 69
Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (MADU) yang bermacam-macam warnanya, didalamnya terdapat obat yang memyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkannya.
TRIPITAKA
Dalam ajaran agama Buddha ada 5 jenis obat yang bisa dikonsumsi oleh para bhikku setelah mereka makan siang, salah satunya adalah MADU.
Vinaya Pitaka, Mahavagga Vl. 208 15-10
Beberapa jenis obat yang dipakai oleh bhikku yang sakit adalah…MADU.
Dalam Artharvaveda XII.3.44
MADU dicampur dengan mentega yang dijernihkan (disajikan pada tamu menyehatkan)
Dalam Artharvaveda II.3.1
Minumlah ghee (mentega yang dimurnikan), MADU dan susu baik untuk kesehatan.
ALKITAB
Dalam Amsal 16:24
Perkataan yang menyenangkan adalah seperti sarang MADU, manis bagi hati dan obat bagi tulang-tulang.
Dalam Amsal 24:13
Anakku, makanlah MADU, sebab itu baik; dan tetesan MADU manis untuk langit-langit mulutmu.
AYURVEDA
Ayurveda atau “ilmu tentang kehidupan” yang berakar dari budaya India yang menggabungkan konsep alami untuk penyembuhan penyakit dan telah dipraktikkan sejak 4000 tahun Sebelum Masehi.
Ayurveda mempunyai bagian penting yaitu Rasayana yang secara sederhana berarti sesuatu yang mengembalikan orang kekeadaan muda secara fisik dan mental.
Di berbagai ramuan Rasayana yang 100% terdiri dari bahan alami, MADU merupakan komponen yang penting. Disebutkan bahwa Rasayana disiapkan dengan madu dan ghee (mentega yang dimurnikan) karena potensi dan preservasi herbal secara permanen terikat pada MADU dan ghee.
Telah kita ketahui bahwa manfaat madu untuk kesehatan telah ada di semua kitab suci yang ada di Indonesia. Semua isi yang ada dalam kitab suci hanya ada dua jenis yaitu perintah dan larangan, dan madu merupakan perintah agar kita dapat mengkonsumsinya setiap hari. Dengan kita menerapkan hidup sehat dengan mengkonsumsi madu berarti kita telah menjalankan perintah dalam kitab suci dan apabila menyampaikan pesan tersebut kepada orang lain agar mereka pun dapat hidup sehat dengan madu maka berarti kita akan mendapatkan pahala/berkah karena telah menyampaikan sebagian isi dalam kitab suci.
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa madu yang mengalami proses penyaringan, penjernihan, pemanasan akan kehilangan sekitar 33%-55% kandungan gizinya. Sehingga ditekankan disini bahwa madu yang tidak diproses merupakan jenis madu yang memiliki kandungan gizi yang baik. 
Perbandingan Kualitas Madu
  1. Masukkan madu di kulkas atau freezer, bila tidak terjadi endapan maka madu tersebut memiliki kandungan yang tinggi, jika ada endapan Kristal berarti ada campuran gula.
  2. Ada anggapan di masyarakat jika madu dimasukkan dalam botol lalu ditutup dan bisa meledak sendiri dianggap madu yang bagus, atau madunya dibakar dan ternyata terbakar biasanya dianggap madunya bagus. Anggapan itu SALAH. Madu tersebut mengalami fermentasi/ mengandung alkohol sehingga menghasilkan gas dan terasa lebih asam serta berbau alkohol dan tidak layak dikonsumsi.

Manfaat madu untuk kesehatan tergantung dari jenis madu yang Anda konsumsi. Jenis madu bisa dibedakan berdasarkan tempat asal, nektar bunga yang diisap oleh koloni lebah penghasil madu, kandungan tambahannya, serta kadar kemurniannya. Ada beberapa jenis madu yang mungkin sering Anda temui di pasaran. Untuk penjelasan lebih detail mengenai jenis-jenis madu anda juga dapat membaca pada http://www.femina.co.id/diet/nutrisi/cek.kemurniannya/003/001/284

Tidak ada komentar:

Posting Komentar